Pesatnya pembangunan dan Infrastruktur serta perkembangan penduduk wilayah Samarindaa Seberang menjadi alasan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda  untuk berupaya agar Pembangunan IPA  Kalkhol beserta prasetnya dapat cepat terselesaikan.
PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda dibawah Direktur Utama Alimudin,ST , Direktur Bidang Umum H Yusriansyah,SE dan Direktur Bidang Teknik Said Abdul Hamid,ST terus berkembang pesat dan berinovasi dalam perbaikan pelayanan akan air bersih bagi masyarakat Samarinda. Alimudin gigih berjuang untuk mendapatkan kucuran anggaran baik APBD Kota, APBD Propinsi dan APBN melalui dinas dan kementrian Cipta Karya dan PUPR. Kali ini dengan mengajak PJs Walikota Samarinda DR Ir H Zairin Zain, MSi didampingi Sekretaris Daerah DR H Sugeng Chaerudin,MSi, Asisten 2 Drs Endang Liansyah,MP, Kepala Dinas PUPR Kota Ir Hero Mardanus dan Konsultan  Hasyim Dulay menyampaikan paparan program pembangunan  IPA Kalhold Kapasitas 2 x 500 liter /detik dan jaringan Pipa Distribusi untuk wilayah Palaran dan Samarinda Seberang untuk mendapatkan anggaran dari Direktorat Jendral Cipta Karya Kementrian PUPR Jakarta. Kedatangan rombongan di terima langsung oleh Ir Sri Hartoyo Dirjen Cipta Karya Pusat Di Kementrian PUPR Jakarta.
Tanggung jawab kebutuhan air minum bagi masyarakat  sampai  kepelosok desa oleh pemerintah Kota  dan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda sangat disadari,oleh karena itu berbagai upaya untuk  dapat menyelesaikan IPA Kalkhol terus dilakukan terkait dengan pendanaan.
"Kami berjuang untuk dapat meyelesaikan pembangunan IPA Kalhold kapasitas 2 x 500 ltr/detik agar memperoleh pendanaan dari Pemerintah Pusat melalui Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR, bukti keseriusan kami akan pembangunan sarana air bersih IPA Kalhold agar bisa selesai sesuai rencana," kata Alimudin, ST di Jakarta, Kamis 30 Mei 2018.
Dengan membawa seluruh berkas persyaratan seperti Rispam,Bisnis plan,Amdal,UKL UPL,DED serta lainnya. Direksi dan Pjs walikota Sekda dan Assisten 2 meyakinkan Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk dapat membantu pendanaan penyelasaian pembangunan IPA Kalhold.
"Direksi PDAM Tirta kencana kota Samarinda  menyampaikan ucapan terima kasih  kepada kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  PUSAT Dan Daerah kepala Bappeda Propinsi Kalimantan Timur. Dan terhusus Bapak  Walikota Terpilih Syaharie jaang yg telah mendukung dan mensuport pdam selama ini sehingga masyarakat kota samarinda secara perlahan tapi pasti perencanaan dan progres pdam berjalan dengan baik," terang Alimudin.
Melihat bertambahnya kemajuan kota samarinda yang begitu pesat menuntut Direksi unruk  selalu exist memantau dan menghitung dari tahun ke tahun akan pertambahan kebutuhan air minum bagi masyarakat kota samarinda.
"Terima kasih .kepada Bapak Syaharie Jaang, Bapak Pjs walikota,pak Sekda,pak Assisten 2 yang selalu mendukung program program pdam selama ini, sehingga hasilnya masyatakat pinggiran dan pelosok desa sudah bisa menikmati air bersih PDAM," tutur Alimudin.