Suksesi penjaringan calon Direksi (Direktur Utama,Direktur Umum dan Direktur Teknik) PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda dimulakan sejak tanggal 4 Juli 2018 setelah Ketua Penjaringan Direksi yang di ketuai Sekretaris Kota DR H Sugeng Chairudin secara resmi sudah diumumkan melalui media cetak,elekteonik dan media sosial.Hal ini dibenarkan oleh Pjs Direktur Utama yang juga Direktur Umum dan Keuangan H Yusriansyah,SE diruang kerjanya usai syukuran ulang tahun Direktur Utama Alimudin,ST ,Kamis 5 juli 2018.
"Ya mulai hari ini sudah bisa mengambil formulir pendaftaran sampai tanggal 13 Juli 2018 dan pengembalian tanggal 18 Juli 2018 ke Bagian Perekonomian Pemkot Samarinda selaku sekretariat penjaringan Direksi PDAM," kata H Yusriansyah.
Dijelaskannya, hari ini merupakan hari terakhir masuk kantor Direktur Utama Bapak Alimudin. Hasil evaluasi Dewan Pengawas Jabatan 3 Direksi di PDAM habis masa kerjanya. Karena itu dilakukan penjaringan kembali.
"Kami 3 Direksi habis. Sudah 2 periode menjabat. Karena itu mulai hari ini dilakukan penjaringan calon pengganti Direksi, kepanitian penjaringan dari Tim Pemkot Samarinda, silahkan mendaftar terbuka untuk umum,"terang Yusriansyah.
Untuk persyaratan umum calon anggota Direksi yang utama sehat jasmani dan rohani, berijasah S1 minimal, usia paling rendah 35 tahun dan yang paling penting lulus pelatihan manajemen air minum tingkat madya. Untuk Direktur Teknik minimal S1 Teknik.
"Lebih lengkapnya ada kita umumkan di media cetak persyaratannya," jelas Yusriansyah.
Sementara ini hari ini (Kamis, 5 Juli 2018) sebanyak 10 Kepaka Bagian dan Kepala Unit Pelayanan Wilayah secara bersamaan mengambil formulir pendaftaran di ruang bagian perekonomian Pemerintah Kota Samarinda. Sebelumny sudah banyak yang mengambil diantaranya Direktur Teknik Said Abdul Hamid,ST juga turut dalam penjaringan. Kedatangan para Kabag dan Ka UPW disambut langsung Sekretaris Tim Penjaringan Hj. Mariawati, SP. MP.
"Pendaftaran dan pengambilan  persyaratan dibuka 5 Juli 2018 sampai 13 Juli 2018 begitu juha penyerahan kelengkapan administrasi mulai 5 Juli 2018 sampai 18 Juli 2018 pada jam kerja. Silahkan datang langsung ke sekretariat Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekdakot Samarinda dengan no WA (08125467432) dan (081347454199) Email: eksda3.smd@gmail.com," tutur Hj Maria.