Sebanyak 18 Karyawan dan Karyawati PDAM Tirta Pakuwon dipimpin langsung Direktur Bidang Umum Rino Indra Guaniawan melakukan kunjungan study banding ke PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda. Kedatangan rombongan disambut oleh Direktur Umum dan Keuangan H Yusriansyah, SE mewakili Direktur Utama Alimidin, ST didampingi anggota Dewan Pengawas Ade Syukma Yudhy, SH, MH dan Kepala Bagian terkait serta seluruh Kepala Unit Wolayah Pelayanan diruang rapat lantai 2 Kantor Pusat, Senin 5/3/2018.
"Selamat datang di Kantor kami PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda, dengan senang hati kami akan berbagi ilmu dan pengetahuan dengan sesama tukang ledeng," Kata H Yusriansyah,SE seraya perkenalkan personil yang turut sambut kedatangan tamu.
dijelaskannya, Pelanggan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda saat ini sudah sekitar 150.234 sambungan rumah yang sudah dilayani air bersih. Untuk sumber air baku pengolahan menggunakan air permukaan dari Sungai Mahakam dengan 15 IPA yang tersebar di berberapa wilayah Samarinda dengan total kapasitas produksi 2.587 liter/detik. Untuk percepatan pelayanan ada 4 Kantor Unit Pelayanan Wilayah yang tersebar di beberapa Kecamatan.
"15 IPA kami sebagian besar sumber air baku dari Sungai Mahakam dan untuk percepatan pelayanan ada 4 Kantor UPW yang siap melayani maayarakat akan air bersih," jelasnya.
Sementara itu untuk mengejar cakupan layanan juga saat ini dikejar baik perluasan jaringan perpipaan dan non perpipaan. Untuk Non perpipaan target 2018 akan memindahkan WTP Portable dari IPA Lempake ke wilayah Makroman. Juga pemasangan hidran umum yang akan disuplay armada mobil tangki untuk wilayah yang tidak terjangkau perpipaan.
"Target tahun ini pemintahan IPA Makroman untuk pelayanan wilayah Kelurahan Makroman dan sekitarnya. Sedang untuk wilayah yang sulit dijangkau perpipaan kami sudah bekerja sama dengan pihak kelurahan untuk ditempatkan Hidran Umum yang nantinya kami suplay armada mobil tangki untuk distribusi air bersihnya,"terangnya.
Sementara itu Direktur Umum PDAM Tirta Pakuwon Kota Bogor Rino Indra Guaniawan mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari Manajemen PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda yang sudah berbagi ilmu pengetahuan dengan  sesama pegawai PDAM.
"Terima kasih atas sambutan hangatnya dan sudah berbagi ilmu pengetahuan tentang pengelolaan air bersih PDAM. Sengaja kami ajak 18 Staf kami dari berbagai bidang untuk menimba ilmu mulai bagian Marketing, perencanaan, produksi, Distribusi dan bidang lainnya. Kami tahu PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda sudah menjadi percontohan bagi PDAM di tingkat Nasional. Semoga ilmu yang sudah diperoleh kedepan bisa diterapkan di PDAM Tirta Pakuwon Bogor," Tutur Rino Indra.