Sejak hampir 1 minggu kualitas air baku Sungai Mahakam mengalami perubahan warna kemerah merahan atau Bangai, imbasnya berdampak pada penurunan kualitas hasil produksi dari IPA PDAM yang air bakunya bersumber dari Sungai Mahakam, hasil produksi berwarna kekuning kuningan tidak bisa jernih.
"Ya dalam beberapa hari ini kualitas produksi semua IPA kami menurun, Mulai dari IPA Bendang sampai IPA Bukuan. karena air baku dari Sungai Mahakam sebagai sumber produksi IPA sedang bangai. Air bangai kejadian alam musiman yang datang tak terduga," Kata Ali Rachman, ST Direktur Teknik didampingi Kepala Bagian Produksi H Ady Fachrudy melalui Humas HM Lukman kemarin.
Dijelaskannya, Air bangai terjadi musiman dan  memerlukan perlakuan extra untuk diolah, walaupun sudah ditambahkan dosis pemakaian obat obatan, bahkan ditambahkan Kaolin dan PE namun hasil produksi masih kurang maksimal jernih. warnanya kekuning kuningan. Petugas terus kerja keras upayakan agar semaksimal mungkin hasil olahan di semua IPA yang sumber air bakunya dari Sungai Mahakam yang sedang bangai ini, bisa kembali jernih hasil produksinya.
"Terus kami upayakan hasil produksi bisa kembali normal dan kualitasnya terjaga kejernihannya. Memang air bangai ini kejadian alam musiman. Berharap dengan sering turun hujan akan bisa menetralisir air baku agar produksi bisa norrmal dan jernih hasilnya," jelasnya.
Untuk itu atas kejadian penurunan kualitas ini atas nama manajemen permohonan maaf atas kejadian dan ketidaknyamanan ini. Petugas di IPA terus upayakan kerja keras agar hasil produksi bisa kembali normal dan terjaga kejernihannya. Beberapa IPA menurunkan debit produksi agar diperoleh hasil yang jernih namun berimbas pada layanan distribusi terutama wilayah jauh dan wilayah perbukitan terganggu layanannya.
"Atas nama manajemen kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan petugas kami di IPA akan terus berupaya kerja keras agar hasil produksi bisa normal kembali jernih dan maksimal agar distribusi bisa kembali normal dan lancar," paparnya.
Untuk informasi dan pelaporan silahkan sampaikan ke contact center kami hotline 0541-2088100 dan bisa sms atau wa ke 0811552226.