.
Dalam melakukan proses pengolahan air minum di PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda sudah memenuhi standar Peraturan Menteri Kesehatan No 492 tahun 2010 yang menjadi indikator pendistribusian air bersih ke pelanggan.Upaya untuk mengejar kelayakan Laboratorium Induk di Cendana yang di komandani Kepala Seksi Laboratorium Rita Herawati yang dibantu staf terkait sesuai indikator pemeriksaan mulai dari petugas ahli pemeriksaan fisika, Kimia dan Bakteriologi yang semua sudah bersertifikat. Untuk sarana dan prasarana dilengkapi peralatan Peralatan canggih yg dilengkapi dengan  SDM yang profesional akan dapat menjamin kualitas produksi air yang dikonnsumsi oleh pelanggan.  seperti PH Meter, Barometer, kekeruhan, warna dan lainnya sudah lengkap. Untuk mencapai pengakuan sertifikasi ISO telah bekerja sama dengan Baristand Propinsi Kalimantan Timur sebagai pembimbing yang sudah berjalan selama 2 tahun.
"Insya Allah dalam waktu dekat Laboratorium Induk milik kami berlisensi ISO 17025, masih ada 3 item yang masih  kita kejar persyaratan yang dipenuhi," kata Alimudin, ST Direktur Utama saat Inspeksi mendadak ke ruang Laboratorium Cendana, Kamis 8/3/18.
Diterangkannya dari 3 item yang harus dipenuhi diantaranya legalitas laboratorium, rencana kerja jangka waktu 4 tahun kedepan dan uji profesiensi yakni kelayakan uji barang. Seperti uji Clorida yang sering terjadi saat kemarau instrusi air laut ke wilayah Sungai Mahakam.
"Ya sudah ada 32 item yang bersertifikasi mulai tenaga kerja petugas Laboratorium, peralatan, sarana dan prasarana sudah layak dan bersertifikat," jelasnya.
Untuk sarana mobilisasi petugas ke lapangan sudah tersedia mobil khusus termasuk peralatan siap didalam mobil. Dalam sehari bisa memeriksa 10 titik lokasi dan setiap titik sample mewakili 1000 pelanggan.
"Dalam sebulan kurang lebih ada 300 sample yang sudah diperiksa oleh team Laboratorium dari berbagai titik lokasi," tambahnya.
Dengan demikian jika semua terpenuhi hasil pengujian Laboratorium Induk kedepan jika sudah berstandar ISO dan dapat pengakuan dari uji kelayakan nasional.
"Tinggal selangkah lagi dan sedang dalam proses, harapannya Laboratorium Induk PDAM segera ber ISO dan mendapat pengakuan bukan hanya Lokal maupun Regional namun bisa mendapatkan pengakuan Nasional," tutur Alimudin.(Hms/Luk).