Direktur Utama Nor Wahid Hasyim, ST, MM  di dampingi Direktur Umum Yusfian Noor, SE secara rermi membuka  Pendidikan dan Pelatihan In House Training Teknik Transmisi dan Distribusi PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda yang diikuti  30 pegawai selama 2 hari di Gedung Training Center Komplek IPA Cendana.

"Alhamdulillah kita hari ini bisa belajar bersama dengan pakar air minum dari Direktur Akademi Pengolahan Air Minum AKATIRTA Magelang langsung oleh Bapak Awaluddin Setya Aji, ST, M.Eng. IPM,  kami harap peserta ilmunya bisa di terapkan di lingkungan pdam untuk meningkatkan pelayanan akan air bersih ke masyarakat," kata Nor Wahid Hasyim dalam sambutan pembukaannya.

Sementara itu Direktur Akatirta Awaluddin Setya Aji, ST, M.Eng, IPM menerangkan bahwa tujuan diklat In House Training ini untuk  memahami dasar-dasar perhitungan dan kinerja bidang teknik di PDAM, memahami hidrolika dasar, mengerti simulasi jaringan. Mengetahui operasi dan pemeliharaan sistem Transmisi dan Distribusi.
"Tujuannya untuk memahami dasar dasar perhitungan dan kinerja bidang teknik di PDAM, memaham hidrolika dasar, mengerti simulasi jaringan, mengetahui operasu dan pemeliharaan sistem transmisi dan distribusi air ke pelanggan," kata Direktur Akatirta Magelang. Awaluddin menambahkan bahwa  metode yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan  teori kelas, praktik perhitungan, praktik lapangan.

"Selain teori kelas, praktik perhitungan dan praktek lapangan agar ilmunya bisa langsung diterapkan dalam kinerja," tambahnya. Diklat In House Training seperti ini idealnya  3 X di selenggarakan yakni pertama  awal, pengenalan program dan sistem, lalu ada Pekerjaan Rumah dan tugas  lapangan skala pilot.Kedua  pembahasan permasalahan skala pilot dan ke tiga Replikasi dari pilot menjadi program menyeluruh.
"Agar Tujuan dan sassran tercapai Diklat diselenggarakan 3 X yakni di awal pengenalan program, ke 2 pembahasan perrmasalahan pilot dan ke 3 Replikasi dari pilot secara menyeluruh," Tutur Awaluddin.