Dalam rangka perluasan jaringan pelayanan air bersih dan percepatan perwujudan cakupan layanan  PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda 100 persen di seluruh wilayah Kota Samarinda, untuk layanan warga di pinggiran yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara di sisi barat tepatnya di Desa Loa Kumbar Kelurahan Loa Buah Kecamatan Sungai Kunjang.
Menindak lanjuti program pembangunan sarana air bersih Pemerintah Kota Samarinda Walikota Samarinda H Syaharie Jaang,SH, MSi Team Teknik PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda yang dikomandoi  Kepala Bagian Distribusi Sugianto beserta jajaran Distribusi,Mechanichal dan Elektrikal, Aset bersinergi dengan pihak konsultan melakukan survey lokasi rencana pembangunan Water Treatment Portable (WTP) kapasitas 10 liter/detik khusus untuk melayani warga Loa Kumbar dengan pendanaan yang akan diajukannke kementrian PUPR Pusat.
"Ya bentuk komitmen kami untuk terus perluas jaringan pelayanan air bersih agar bisa dinikmati seluruh warga Samarinda sesuai harapan pak Wali,  terutama warga Loa Lumbar yang sangat mendambakan layanan air bersih PDAM," kata Sugianto Kabag Distribusi di lokasi lahan  rencana pembangunan WTP Loa Kumbar Senin 7/8/2018.
Menurut  Ketua RT 19 Ardiansyah ada sekitar 114  Kepala Keluarga (KK) yang berada di Kampung Loa Kumbar, Kelurahan Loa Buah, Kecamatan Sungai Kunjang sangat mendambakan layanan air bersih untuk kebutuhan kehidupan dimana selama ini warganya menggunakan air Sungai Mahakam untuk Mandi,Cuci dan Kakus (MCK).Sedangkan untuk kebutuhan konsumsi memasak dan air minum warga menggunakan air galon yang tentunya butuh biaya yang lebih mahal.
"Harapan kami mewakili warga agar segera terwujud pembangunan WTP yang nantinya layanan air bersih bisa dinikmati warga, kami akan membantu mencarikan lahan ke perusahaan agar nantinya  segera di bangunkan WTP yang akan dikelola oleh PDAM," harap Ardiansyah Ketua RT 19 Loa Kumbar.
Sementara itu Kasi Humas HM Lukman menerangkan bahwa sebelumnya PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda juga sudah perluas jaringan  melayani air besih di wilayah perbatasan atau pinggiran seperti di Kampung Pinang,  Bantuas layanan dsri IPa Bantuas, Desa Budaya Pampang layanan dari IPA Pampang dan sedang progres pematangan lahan  untuk IPA Makroman. Kedepan juga bisa melayani wilayah Desa Loa Kumbar dengan akan dibangunnya WTP Loa Kumbar kapasitas 10 liter/detik.
"Semoga segera bisa terealisasi pembangunan WTP di Loa Kumbar ini, dengan demikian untuk wilayah perbatasan dan pinggiran sudah terlayani air bersih PDAM seperti di Kampung Pinang, Bantuas,Pampang dan wilayah Makroman," Tutur Lukman.