Walikota Samarinda H Syaharie Jaang, SH, MSi secara resmi melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Jabatan Direktur Utama Nor Wahid Hasyim,ST, MM , Direktur Bidang Umum Yusfian Noor,SE dan Direktur Bidang Teknik Ali Rachman AS, ST di hadapan para Kepala Bagian, Kepala Unit Pelayanan Wilayah, Kepala Seksi dan Karyawan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda yang dipusatkan di Halaman Gudang Pipa dan Accessories Komplek Perumahan PDAM Jalan Cendana, Senin 20 Agustus 2018.
"Ini pelantikan Direksi kali pertama di hadapan para pegawai PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda, yang semestinya dilakukan di Rumah Jabatan Walikota. Hal ini dimaksudkan bahwa  penjaringan Calon Direksi PDAM dilakukan sedemikian rupa prosesnya tanpa ada intervensi Walikota. Saya percayakan kepada Tim Penjaringan dan yang saat ini dihadapan inilah hasil yang terbaik," kata Syaharie Jaang dalam sambutannya dihadapan para pegawai dan undangan dari OPD dan rekanan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda.
Hadir dalam pelantikan Sekretaris Daerah  DR H Sugeng Chaerudin, Asisten 1 H Tejo Sutarnoto, Asisten 2 Endang Liansyah, Asisten 3 Burhanudin, para Kepala OPD, Camat dan Direktur BUMD Kota Samarinda, serta Ketua DPD Perpamsi Kaltim Aji Mirni Mawarni, ST, MM dan para Direksi PDAM se Kalimantan Timur.
Samarinda dengan jumlah penduduk 933.949 jiwa , saat ini sudah 151.749
Sambungan Rumah yang dilayani PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda dengan 792 pegawai dengan rasio 1 karyawan melayani 191 SR yang tersebar dalam bagian dan seksi baik di kantor pusat dan Unit Pelayanan Wilayah. Permasalahan yang harus diperhatikan di PDAM adalah masih tingginya kebocoran air yang tidak tertagih (NRW) sekitar 38, 18 % atau sebesar 2.382.684 Meter Kubik. Masih banyaknya pengaduan dari masyarakat tentang kualitas dan kuantitas air yang diproduksi serta kontinyuitas air yang didistribusikan karena jangkauan pelayanan yang harus ditindaklanjuti dengan regulasi yang tepat.
"Kita akui cakupan layanan sudah mencapai 96 %, namun masih ada wilayah yang mendapatkan aliran 12 jam, 20 jam bahkan seminggu sekali. Saya minta simple saja. Saat saya berkunjung ke rumah warga dan membuka kran bisa mengalir deras," pinta Walikota H Syaharie Jaang.
Pelantikan dirangkai penanda tanganan kontrak kerja semua Direksi dan siap bertanggung jawab dan dievaluasi kembali apabila target yang ditetapkan tidak tercapai.
Selanjutnya Syaharie Jaang menginstruksikan agar Jajaran Direksi menindaklanjuti Audit Memorandum PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda tahun buku 2017 nomor : S-1149/PW17/4/2018 tanggal 10 Juli 2018 yaitu :
1.Meningkatkan Kinerja PDAM berdasarkan Indikator BPPSPAM serta melakukan langkah strategis untuk meningkatkan Kinerja Perusahaan terutama pada beberapa Indikator Aspek Keuangan, Operasional dan Administrasi yang belum Optimal.
2. Meningkatkan pemeliharaan rutin jaringan perpipaan, water meter pelanggan secara berkala.
3. Membentuk Tim/Petugas/Bagian yang bertanggung jawab atas pelaksanaan DMA serta melakukan evaluasi atas kegiatan tersebut.
4. Segera memperbaiki kebocoran pipa di lokasi IPA Cendana, Kelapa Gading, Jalan Harun Nafsi serta pipa sebelum water metet pelanggan di wilayah UPW 4.
5. Menindak lanjuti saran rekomendasi hasil Audit dan Evaluasi tahun sebelumnya yang belum ditindaklanjuti.
Sebelum pemberian ucapan selamat kepada Direksi yang di lantik, Syaharie Jaang melepas purna tugas Pjs Direktur Utama H Yusriansyah, SE yang juga Direktur Bidang Umum dengan memberikan cindera mata emas seberat 20 gram yang sudah mengabdi di PDAM selama 40 tahun 7 bulan. Ucapan terima kasih kepada Direktur Utama Alimudin,ST yang mengabdi 37 tahun, dan  Said Abdul Hamid, ST Direktur Teknik yang mengabdi 18 tahun.
"Saya ucapkan terima kasih kepada semua direksi yang purna tugas, semoga beliau beliau selalu sehat," tutur Syaharie Jaang.