perm_mediaBerita

Pdam Jayapura Belajar Olah Kualitas Air Di Pdam Samarinda.


today 17 November 2017 | oleh : admin

Dipimpin Wakil Direktur Teknik PDAM Jayapura Bastian Kapisa membawa rombongan  Manager Pengendalian Kualitas Air Rudi Dwi Wahyudi, SE, Kepala Unit Bisnis Sutikno, SE, Kepala UPP Jayapura Utara Daniel KH Manutandu, Kepala UPP Jayapura Selatan Sulistyono, Kepala UPP Abepura Yan P Nasadith, Amd1, Kepala UPP Wacna Domingus Ngangangor dan Kepala UPP Sentani Syors Hendrik Ondi, SE berkunjung ke PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda, Kamis16/11/17.
Kedatangan rombongan PDAM Jayapura disambut langsung oleh Direktur Utama PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda Alimudin, ST didampingi  jajaran Kepala Bagian dan Unit Pelayanan Wilayah serta Kepala Seksi terkait.
"Selamat datang di Samarinda Kota Tepian dan terima kasih sudah berkunjung di PDAM Samarinda, silahkan berbagi ilmu pengetahuan dan sharing dengan staf kami yang siap mendampingi hingga peninjauan ke lokasi pengolahan," kata Alimudin dalam sambutannya.
Dijelaskannya, bahwa di PDAM Tirta Kencana memiliki 15 IPA yang tersebar diwilayah Samarinda dimana sumber air bakunya mayoritas dari Sungai Mahakam dengan kapasitas terpasang total 2.536,50 liter/detik dan kapasitas produksi 2.466 liter/detik.
Proses pengolahan air baku masuk koagulasi dan floktuasi selanjutnya proses sedimentasi dan air bersih masuk proses filtrasi yang akhirmya masuk ke bak reservoir dengan ditambahkan obat obatan kimia, kaporit, gas chloor, & Sodium Hypochlorite (ramah lingkungan). Air di pompa untuk menambah tekanan untuk selajutnya di distribusikan ke pelanggan.
Untuk pelayanan pelanggan terdapat 4 unit Pelayanan wilayah yang tersebar di beberapa wilayah Kecamatan yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam berurusan tentang PDAM baik pemasangan baru, pembacaan, pembayaran dan pendistribusian air bersih ke pelanggan.
Untuk tenaga operasional di IPA menggunakan Listrik PLN, dan Genset jika PLN mati serta yang belum terlayani PLN menggunakam Solar Cell Hybrid seperti di IPA Bantuas.
Untuk cakupan layanan saat ini sudah mencapai 95 persen dan bertekad 2019 bisa terlayani 100 persen dengan program non perpipaan untuk wilayah yang sulit terjangkau dengan perpipaan.
Sementara itu Wakil Direktur Teknik PDAM Jayapura menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dan bisa berbagi ilmu tentang  Pengolahan air bersih. 
"Terima kasih atas sambutannya dan semoga ilmu yang sudah kami peroleh ini bisa kami terapkan di PDAM Jayapura," kata Bastian Kapisa.
Sumber air di PDAM Jayapura murni dari Sungai dengan sistim gravitasi yang masuk ke reservoir sehingga masih murni air bersih tinggal sedikit menambahkan kaporit tanpa harus proses Koagulasi dan fluktuasi maupun sedimentasi.
Seusai pemaparan dan diskusi rombongan PDAM Jayapura melakukan peninjauan lapangan ke IPA Cendana untuk melihat langsung proses pengolahan air bersih mulai air baku hingga menjadi air bersih hingga didistribusikan ke rumah pelanggan.