Sejak awal kejadian banjir PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda terua menyalurkan bantuan untuk korban banjir baik melalui posko pengungaian, Dapur Umum dan secara langsung bantuan ke warga yang terdampak banjir. Bantuan beruoa logistik, nasi bungkus dan suplay air bersih armada tangki bekerja sama dengan tangki swasta, armada Tangki Damkar, Tangki DLH dan Tangki PMI yang selalu membantu mendistribusikan air bersih ke posko pengungsian, dapur umum dan warg secara langsung ke wilayah banjir.
" ya bentuk kepedulian kami, Manajemen dan  seluruh pegawai peduli banjir selalu memberikan bantuan baik logistik, nasi bungkus dan sarana air bersih ke wilayah yang terdampak banjir," kata Ali Rachman, AS, ST Direktur Teknik  melalui Humas HM Lukman saat meninjau banjir di wilayah Bengkuring Samarinda Utara.
Saat ini IPA Bengkuring belum bisa dioperasikan karena di sekitar Intake Bengkuring air masih tinggi sehingga dalam beberapa hari ini kita terus mensuplay armada tangki ke wilayah yang terdampak banjir.
"Alhamdulillah saatbini masih kita oerasikan WTP Mobile pinjaman dari Dinas PUPR Propinsi untuk membantu produksi air bersih di IPA Bengkuring.Petugas terus memantau, hari ini sufah mulai surut di sekitar Intake Bengkuring. Team ME sedang lakukan pemasangan dan pembenahan pompa. jika dirasa aman dari banjir akan kita operasikan karena pasokan listrik juga sudah menyala," terangnya.
Untuk bantuan sembako dan nasi bungkus sumbangan dari Pegawai PDAM setiap hari selalu di salurkanke beberapa titik banjir yang masih membutuhkan.
"kemarin kita kirim nasi bungkus dari pegawai ke Posko Induk Pemkot di Sungai Pinang, Hari ini kita langsung antar ke warga di wilayah Jl Dr Sutomo Gang Nibung dan sekitarnya.," jelasnya.
Dirinya mengharapkan agat cuaca selalu cerah dan air segera surut agar IPA Bengkuring bisa dioperasionalkan kembali.
"Berharap air segera surut agar IPA Bengkuring busa beroperasi, karena air bersih sangat dibutuhkan warga baik untuk keperluan sehari hari dan pembersihan rumahnya yang terdampak banjir," Tuturnya.