Sebagai perwujudan peningkatan pelayanan air bersih ke seluruh wilayah Kota Samarinda terutama wilayah pinggiran dan perbatasan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda terus bekerja keras untuk melayani air bersih di wilayah perbatasan seperti di Kelurahan Makroman Kecamatan Sambutan.Hal ini digaungkan langsung oleh Direktur Utama Alimudin, ST dengan turun langsung ke lokasi tanah rencana pembangunan IPA Makroman bersama pejabat dan staf terkait dan Ketua Rt 14 Makroman, Kamis (1/2/18).
"Seiring dengan program pelayanan PDAM  Tirta Kencana Kota Samarinda dengan target cakupan layanan 100% di tahun 2019 maka hal yang harus dilakukan dan dimonitor terus menerus adalah Kapasitas Produksi di seluruh IPA. Kemudian sistem jaringan jumlah penduduk  dan jumlah sambungan rumah yang terpasang," kata Direktur Utama Alimudin, ST usai peninjauan lapangan di lokasi tanah Makroman.
Ditambahkannya, Pembangunan IPA Makroman ini murni anggaran PDAM sebagai peningkatan pelayanan air bersih untuk melayani warga Kelurahan Makroman dan sekitarnya.
Karena itu seluruh pejabat di PDAM semua harus tahu program ini dan saling bahu membahu untuk mencapai target yang sudah diprogramkan.
"Semua elemen harus dukung dan bahu membahu agar target tercapai," harap Alimudin.
Disamping itu juga berkaitan dengan pola dan strategi yang harus kita terapkan di dalam pelayanan ke depan dengan sistem pelayanan non perpipaan dan perpipaan. Pembangunan IPA Makroman ini salah satu program Non Perpipaan.e
"Supaya dimaklumi bahwa pelayanan dengan sistem Non Perpipaan ini adalah bersifat sementara, kedepan pdam bisa menanam pipa di wilayah tersebut sebagai bentuk perluasan jaringan agar layanan air bersih bisa dinikmati langsung melalui pipa oleh warga Makroman dan sekitarnya," tutur Alimudin.