Sekretaris Daerah Kota Samarinda Dr H Sugeng Chaerudin, MSi mewakili Walikota Samarinda H Syaharie Jaang, SH, MSi menyaksikan penyerahan bantuan operasional dari Bank Rakyat Indonesia Cabang Samarinda 1 sebuah Mini Excavator dan dari Bank Mega Syariah Cabang Samarinda sebuah mobil Forklift. Penyerahan langsung oleh Pimpinan Bank Rakyat Indonesia Cabang Samarinda 1 oleh Reinhard Marpaung yang diwakili Kepala Cabang Pembantu Samarinda Agung Presetyo. Dari Bank Mega Syariah oleh Restu Pambudi. yang di serahkan kepada Direktur Utama Nor Wahid Hasyim, ST, MM di dampingi Direktur Umum Yusfian Noor, SE dan Direktur Teknik Ali Rachman AS, ST. 

Hadir dalam penuerahan Ketua Dewan Pengawas Ir H Syamsul Bachri dan Kapala Bagian Ekonomi Pemkot Samarinda H Ibrahim. Penyerahan realisasi bantuan opreasional dari Bank BRI Cabang Samarinda 1 berupa Mini Excavator dan dari Bank Mega Syariah berupa Mobil Porklif. Hal ini sebagai bentuk kepedulian Bank BRI untuk membantu percepatan pekerjaan penanganan dilapangan jika terjadi kebocoran pipa. dengan Excavator membantu perceoatan penggalian pipa dan pengurukan galian pipa.
Sementara bantuan mobil Forklift guna percepatan pengaturan pipa dan aksesoris untuk gudang. Baik penurunan barang datang dari truk dan penyusunan barang pipa dan aksesoris.

Sementara dari pdam juga mengadakan 3 unit truk dan 2 unit mobil tangki. hal ini jika memiliki truk sendiri agar efisiensi pengriman bahan kimia dari gudang ke IPA IPA milik pdam. sementara 2 unit mobil tangki untuk menambah armada yang selama ini hanya memiliki 2 buah. dengan tambahan 2 buah agar penyebaran air bersih ke wilayah yang membutuhkan busa terlayani.
Bantuan operasional seperti ini juga pernah diterima oleh PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda pada tahun 2005 yakni bantuan dari Bank BNI 46 berupa IPA Mobile beserta Pompanya untuk dioperasionalkan melayani wilayah Lempake.
setelah ada Bantuan dari Propinsi IPA Gunung Lingai dan Intake Benanga. maka Pompa Intake Lempake di pindahkan ke Intake Bengkuring. serta IPA Mobile Lempake akan di pindahkan ke IPA Palaran untuk melayani Warga Palaran dan sekitarnya.