Untuk menjaga kualitas produksi air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA)  unit Tirta Kencana  pada hari  Senin  hingga  Rabu , 13, 14 dan  15 Agustus 3018 akan dilakukan pengurasan bak reservoir yang berimbas pada gangguan produksi dan layanan  aliran distribusi.  Hal ini seperti disampaikan Kepala Bagian Produksi Hadinata Eka Putra  melalui Humas PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda HM Lukman.
"Pengurasan secara bertahap. Di IPA Tirta Kencana ini ada 5 bak reservoir. Sehingga bergantian dikuras. Untuk hari Senin  pengurasan bak reservoir 1 dan 2, Hari Selasa bak reservoir 3 dan 4 . Selanjutnya hari Rabu bak reservoir 5. Sudah menjadi agenda rutin per 3 bulan sekali dilakukan pengurasan agar kualitas produksi selalu terjaga kejernihannya," kata Lukman.
Dijelaskannya untuk pengurasan bak reservoir  IPA Unit Tirta Kencana  akan dilakukan selama 3 hari secara bertahap di mulai hari Senin 13 Agustus 2018 mulai pukul 08.00 wita sampai selesai untuk bak reservoir 1 dan 2. Kemudian hari Selasa 14 Agustus 2018 pengurasan bak reservoir 3 dan 4. Selanjutnya bak reservoir 5 pada hari Rabu 15 Agustus 2018.
Selama pekerjaan pengurasan berlangsung berimbas pada gangguan produksi dan layanan aliran distribusi. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat dan pelanggan yang aliran dari jalur IPA Tirta Kencana bisa menampung air selama masih mengalir sebagai persediaan, karena selama pengurasan berlangsung aliran distribuso dihentikan.
Adapun wilayah yang terganggu aliran distribusi selama pengurasan diantaranya 
Wilayah Kampung Jawa, Jl Pasundan, Jl KS Tubun, Jl Anggur, Jl Bhayangkara, Jl Pahlawan, Jl Wolter Monginsidi, Jl Dr Sutomo, Perum Prevab, Jl Perniagaan, Jl AM Sangaji, Jl Gatot Subroto, Jl Achnad Yani, Jl Sentosa, Jl Kemakmuran, Jl Pelita, Jl Lambung Mangkurat dan sekitarnya.
"Kami menghimbau kepada masyarakat dan pelanggan di jalur tersebut  untuk bisa menampung air sebagai persediaan selama masih mengalir karena selama pengurasan berlangsung aliran distribusi dihentikan," terang Lukman.
Imbas adanya pengurasan akan akibatkan gangguan produksi dan aliran distribusi, untuk itu mewakili manajemen dirinya memohon maaf atas terganggunya layanan aliran distribusi selama pengurasan berlangsung . Kegiatan pengurasan ini bertujuan untuk menjaga kualitas agar kejernihan produksi air bersih selalu tetap terjaga.
"Atas nama manajemen kami memohon maaf atas terganggunya aliran distribusi di beberapa wilayah yang di jalur IPA sedang lakukan pengurasan. Semoga berjalan lancar dan sesuai jadwal sehingga hasil produksi akan selalu tetap terjaga kejernihannya," tutur Lukman.