Direktur Utama PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda Nor Wahid Hasyim, ST, MM membuka acara Sosialisasi Tim Satgas Pungli Tentang Pencegahan Pungutan Liar pada unsur Pelayanan Publik di lingkungan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda. Hadir Kepala Inspektorat Daerah Kota Samarinda H Muhammad Yamin, SH , Kepala Satuan Binmas Polresta Samarinda Hari Widodo, SH dan Kepala Bagian Organisasi Pemkot Samarinda H Siami Misman , Yudhi, SN, SH dari Kejaksaan Negeri, Karyawan dan karyawati PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda , Selasa 28/8/2018.
"Terima kasih atas kehadiran Team Pokja Saber Pungli yang sosialisasi ke PDAM, kami menyambut baik kegiatan ini karena kami menyadari sebagai pelayan publik yang sangat rentan terjadi pungli dalam bekerja," kata Nor Wahid Hasyim dalam sambutan pembukaan.
Sementara itu Kepala Inspektorat Daerah kota Samarinda H Muhammad Yamin menerangkan bahwa dalam bekerja agar seminimal mungkin menghindari Pungutan Liar (Pungli), karena sebagai pelayanan publik tentunya selalu diawasi oleh team saber Pungli. Hal senada juga di ungkapkan Kabag Organisasi Pemkot samarinda H Siami Misman mengharapkan agar seluruh pegawai bekerja sesuai aturan Standar Operasional  Prosedur (SOP) dan Standart Pelayanan (SP).
"Harapan kami bekerja sesuai aturan SOP dan SP, ini akan menjadi senjata untuk melaporkan balik pelapor jika kita telah bekerja sesuai aturan," kata H Siami Misman.
Dalam presentasinya Kasat Bimbingan Masyarakat Polresta Samarinda Hari Widodo,SH bahwa Pungutan Liar (Pungli) maupun Gratifikasi sangat re tan terjadi di Instansi Pelayanan Publik. Bahkan sejak lahir tatkala pengurusan akte Kelahiran, Pengurusan masuk Sekolah, Pengurusan KTP atau SIM, Lapangan Kerja, Pengurusan Nikah, Pengangkatan Jabatan, Pengurusan Pensiun hingga Pengurusan Kematian. Adapun proses penanganan Pungutan liar (Pungli) jika terjadi temuan akan dimulai dari Penyelidikan, Penyidikan, Penuntutan di Pengadilan oleh Jaksa sampai tahap Eksekusi.
"Harapan saya jangan sampai terjadi temuan karena proses Pidana dan perdata akan menanti. Hal ini sudah tertuang dalam dasar hukum dan ancaman pidana dan dendanya," harap Hari Widodo.
Di akhir kesempatan Direktur Utama Nor Wahid Hasyim membacakan Ikrar Sapu Bersih Pungutan Liar untuk Pegawai di lingkungan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda yang dikuti oleh seluruh peserta yang hadir yang berisikan :
1. Akan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik baiknya.
2. Tidak akan menerima pemberian dalam bentuk apapun dan tidak akan melakukan pungutan, diluar yang telah ditentukan/sesuai peraturan dan atau tidak akan melakukan pungutan liar.
3. Akan melaporkan apabila mengetahui terjadi pungutan liar dalam memberikan pelayanan dilingkungan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda.
Kegiatan sosialisasi ini sebagai tindak lanjut dan perwujudan Pelayanan Publik menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM)  di lingkungan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda untuk mendukung Pemerintah Kota Samarinda.
"Jika anda mengetahui atau melihat Pungli segera laporkan satgas saber pungli kota samarinda ke Nomor 082227773937 atau 082116317824 atau email saberpungli.kotasamarinda@gmail.com, " tutur Hari Widodo.