perm_mediaBerita

Walikota Resmikan Ipa Pdam Untuk Layani Warga Pampang Dan Sekitarnya.


today 31 Oktober 2017 | oleh : admin

WALIKOTA RESMIKAN IPA PDAM UNTUK LAYANI WARGA PAMPANG DAN SEKITARNYA.

Bukan hanya program semenisasi yang menjangkau wilayah pelosok Samarinda, Walikota Samarinda Syaharie Jaang juga komitmen menyiapkan air bersih PDAM di daerah pinggiran kota. Setelah Bantuas, kecamatan Palaran dan Bukit Pinang yang berbatasan dengan Kutai Kartanegara, kini giliran warga Desa Budaya Pampang sekitarnya bisa menikmati air bersih PDAM. Ini setelah diresmikannya Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pampang kapasitas 10 (2x5) liter/detik oleh walikota dirangkai rembuk Air Bersih di gedung Lamin Budaya Pampang, Senin (30/10).

 “Tidak ingin membeda bedakan masyarakat, termasukan pelayanan. Alhamdulillah, hari ini Air Bersih PDAM sudah bisa dinikmati warga Pampang dan sekitarnya yang dinantikan warga sejak Indonesia Merdeka 72 tahun. Beberapa waktu lalu juga PDAM hadir di Bantuas Palaran dan Bukit Pinang yang berbatasan dengan Kutai Kartanegara,” ucap walikota dalam sambutannya. 

Tidak hanya itu, Jaang juga memberikan keringanan bagi warga yang ingin pasang sambungan baru. “Boleh bayar harian, atau bisa juga bayar 1 juta dulu, sisanya dicicil harian atau mingguan. Diatur yang mana baiknya, tapi tidak menyusahkan warga. Ini supaya, jangan sampai air sudah ada, tapi warga belum bisa pasang baru karena tidak sanggup bayar,” imbuh Jaang.

Jaang menegaskan juga, jika dulu ketika dirinya sidak ke rumah warga, memutar kran air mengalir, kini ketika memutar kran, air harus deras mengalir dan jernih.

Sementara Direktur Utama PDAM Tirta Kencana Samarinda Alimudin menyampaikan terima kasih kepada walikota yang komitmen dalam pelayanan air bersih dengan dukungan membangun IPA Pampang melalui Dinas PUTR, sementara PDAM yang menyiapkan lahan dan mengoperasionalkannya. 

“Termasuk juga dukungan perpipaan sekitar 10 Km di wilayah Pampang hingga jalan poros Samarinda Bontang,” sebut Alimuddin. Menurutnya, dengan kapasitas 10 liter/detik, yang diharapkan dapat melayani madyarakat wilayah Pampang dan sekitarnya. 

Alimuddin mengatakan untuk daerah Pampang, Tanah Merah dan Sei Siring, PDAM berkomitmen akan terus berupaya untuk melakukan pemasangan jaringan perpipaan sekunder yang dapat digunakan untuk pemasangan SR Sebagai bentuk kepedulian PDAM kepada warga Pampang.

PDAM membantu pemasangan pipa sekunder diameter 3 inch ke arah SDN 016 dan pemasangan 5 SR secara gratis melalui CSR diperuntukkan masjid Nurul Iman, gereja Kemah Injil Indonesia, Gereja Pantekosta Elolam, Lamin Adat Pamung Tawai dan SDN 016. Dalam kesempatan itu, hadir Direktur Umum Yusriansyah, Direktur Teknik Said Abdul Hamid, Sekda Dr Sugeng Chairuddin, jajaran Dewan Pengawas, anggota DPRD Samarinda dan kepala OPD, Camat Samarinda Utara, Lurah Se Samarinda Utara dan para tokoh Masyarakat dan Ketua RT Se Kelurahan Pampang.

Terpisah Ketua RT 01 Kelurahan Pampang H Muhammad Noor Palirereng mengaku sangat bangga dengan masuknya layanan air bersih PDAM ke wilayahnya.

"Terima kasih kepada Bapak Walikota dan jajarannya serta PDAM yang sudah memberikan layanan air bersih bagi warga kami, saya sudah tinggal di Pampang ini sejak 1985 dan baru tahun 2017 ini dapat menikmati layanan air bersih, berharap kedepan semua warga Pampang bisa menjadi pelanggan PDAM untuk menikmati air bersih," tutur Muhammad Noor Ketua RT 01 Kelurahan Pampang.(Hms/Luk).